Minggu, 01 Desember 2013

Budaya asing yang mudah diterima



Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Selama kemajuan itu, berkembang juga Globalisasi. Globalisasi berdampak juga pada banyak hal salah satunya adalah Dunia Fashion. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, sepatu, atau aksesori. Mode referensi untuk sesuatu yang tren saat ini dalam tampilan dan berdandan seseorang. Gaya yang berlaku dalam perilaku juga. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait di mata publik dengan "mode" istilah yang istilah yang lebih umum "kostum". Budaya asing ini merupakan salah satu budaya yang mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya perkembangan Fashion tersebut, setiap manusia terutama kaum hawa telah berusaha untuk tidak ketinggalan. Mulai dari anak-anak sampai dewasa sangat memperhatikan perkembangan Fashion tersebut.
Dan sekarang, perkembangan Dunia Fashion yang disebut mode ini telah mengalami  jaman revolusi yang pesat di Indonesia. Dengan adanya perkembangan tersebut telah membuat banyak orang mendirikan departement store. Gaya-gaya dan style Fashion pun menjadi syarat-syarat penting untuk para wanita yang juga  sebagian besar adalah pelajar. Beberapa wanita berasumsi bahwa ketika mereka bertemu dengan seseorang yang dilihat pertama kali adalah penampilannya begitu juga cara mereka menilai orang lain. Penampilan dari ujung kaki sampai ujung rambut sangat penting. Tetapi yang terpenting adalah pakaian. Dengan model pakaian yang anggung merekapun juga akan terlihat anggun. Dengan pakaian yang berantakanpun mereka juga akan terlihat berantakan. Karena itulah para wanita sangat kritis terhadap perkembangan Dunia Fashion. Bagi mereka Fashion adalah segalanya, walaupun juga ada beberapa wanita yang tidak memperhatikan penampilannya. 89% wanita di Indonesia sangat ingin disebut Fashinable, karna itulah Dunia Fashion semakin berkembang dengan sangat pesat.
Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak baik positif maupun negatif. Salah satu dampak positif dari Fashion adalah kita dapat selalu terlihat manis dan chic dengan pakaian dan aksesoris yang pas kita kenakan. Tetapi dampak negatif perkembangan Fashion ini adalah kita melupakan pakaian tradisional kita seperti kebaya dan memilih menjadi pengikut fashion barat.
Para pengamat Fashion telah menemukan indikasi adanya dampak yang terbesar dari perkembangan Fashion ini di Indonesia. Dampak negatif ini adalah para kaum wanita di Indonesia mulai melupakan pakaian tradisonal dan produksi pakaian dari dalam negeri juga menyebabkan perubahan budaya timur menjadi seperti budaya barat. Namun, masalah Dunia Fashion masih diperdebatkan oleh beberapa pihak yang menganggap Dunia Fashion adalah hal yang sangat penting bagi para wanita yang umumnya masih remaja ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar