Minggu, 01 Desember 2013

Manfaat yang didapat dari olahraga di malam hari

Jakarta, Bagi orang yang super sibuk, malam hari bisa jadi satu-satunya waktu luang untuk berolahraga. Lantas apa saja manfaatnya bila melakukan olahraga di saat matahari sudah terbenam ini?

"Secara teoritis, otot lebih siap (bila berolahraga di malam hari)," jelas Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan olahraga dari RS Mitra Kemayoran saat berbincang dengan detikHealth, ditulis pada Rabu (26/12/2012).

Bila otot lebih siap, artinya bagi orang yang melakukan olahraga untuk pembentukan otot, olahraga di malam hari lebih bermanfaat ketimbang olahraga pagi atau sore hari. Walau demikian, Dr Michael menuturkan pada kenyataannya secara hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembentukan otot pada olahraga malam dan pagi hari.

Untuk 'manusia malam' yang lebih segar dan lebih semangat melakukan aktivitas di malam hari, olahraga di malam hari juga bisa memberikan manfaat lebih.

Selain membuat tubuh lebih sehat dan segar, olahraga di malam hari juga dapat membantu mengatasi kesulitan tidur seperti insomnia, asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh.

"Apapun juga aktivitas fisik bisa memberikan dampak positif juga bisa negatif. Kalau olahraganya tepat, menggunakan ukuran denyut jantung, maka bisa mengobati insomnia, tidur lebih cepat," tutur Dr Michael.

Namun sebaliknya, bila olahraga malam dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan kemampuan tubuh, maka aktivitas yang seharusnya sehat malah membuat tubuh dehidrasi dan sulit tidur. Hal ini karena pembakaran kalori berlebihan yang mengakibatkan tubuh panas dan berkurangnya cairan tubuh.

"Benar bisa mengobati insomnia bila waktunya tetap diperhitungkan. Minimal 2 jam sebelum tidur dan banyak minum air agar proses pendinginan lebih cepat," tutup Dr Michael.



Sumber: detikHealth

1 komentar:

  1. Thanks gan infonya.

    BTW gua adalah org yang sering melakukan olahraga malam. dan buat tambahan, olahraga malam boleh di lakukan tapi "katanya" gak boleh di luar ruangan (outdoor).

    jangan lupa mampir ke blog ane ya www.ilmupengetahuanarya.blogspot.com. thanks.

    BalasHapus