Jumat, 13 Maret 2015

7 elemen untuk kaya




Sebenarnya ada tujuh elemen yang perlu ditingkatkan hingga mencapai kualitas taraf dunia sebelum anda menyebut diri anda kaya. Uang saja tidak membuat anda kaya. Ada banyak orang yang tidak bahagia dan gagal sebagai manusia. Berikut dikutip dari buku The Greatness Guide karangan Robin Sharman. Berikut ini tujuh elemen tsb:
1.       Kekayaan batin
Termasuk cara berfikir positif, penghargaan yang tinggi pada diri sendiri, serta kedamaian batin dan relasi spiritual yang kuat.
2.       Kekayaan fisik
Kesehatan adalah kekayaan anda. Karier yang sukses tidak akan berarti apa-apa jika anda sakit-sakitan. Apa artinya menjadi pengusaha yang berbaring di bangsal rumah sakit, atau menjadi orang terkaya yang terbaring di liang kubur?
3.       Kekayaan keluarga dan social
Ketika kehidupan keluarga anda bahagia, anda akan bekerja dengan lebih baik. Tidak ada seorang pun yang merasa menyesal pada saat ajal menjemput karena telah menjadikan keluarga sebagai prioritas utama. Penting juga untuk menjalin relasi yang dalam dengan para sahabat dan komunitas pribadi anda (termasuk mentor, orang yang anda kagumi dan penasihat terpercaya.
4.       Kekayaan karier
Mengaktualisasikan potensi tertinggi anda dengan meraih yang terbaik dalam karier sangatlah penting. Mencapai yang terbaik dalam profesi anda akan mendatangkan kepuasan karena pekerjaan telah diselesaikan dengan baik. Hal ini sekaligus akan membantu anda menetapkan standar anda sendiri. Melakukan pekerjaan dengan baik juga akan menumbuhkan rasa hormat pada diri anda sendiri
5.       Kekayaan ekonomi
Ya, uang memang penting. Bukan yang terpenting dalam hidup tapi sangat penting. Uang membuat hidup lebih mudah dan lebih baik. Uang membuat anda bisa tinggal di rumah yang nyaman, berlibur dan memenuhi kebutuhan orang-orang yang anda sayangi. Seperti pendapat Yves Chouinard, pendiri perusahaan perlengkapan outdoor Patagonia: “Lebih banyak, uang yang saya dapat, lebih banyak pula saya bisa memberi”.
6.       Kekayaan petualangan
Masing-masing diri kita memerlukan misteri agar merasa lebih lengkap. Tantangan sangat penting untuk kebahagiaan anda. Otak manusia selalu buas akan hal-hal buas. Dan kita adalah makhluk kreatif sehingga kita perlu terus berkreasi jika kita berharap untuk merasa bahagia . banyak petualangan (mulai dari bertemu orang-orang baru dan mengunjungi tempat-tempat baru) merupakan elemen penting untuk menjadi kaya dalam arti yang sesungguhnya.
7.       Kekayaan pengaruh
Bisa jadi kerinduan terbesar dalam hati manusia adalah memperjuangkan sesuatu yang lebih besar. Setiap orang ingin mempunyai arti, ingin membuat perbedaan. Ingin mengetahui bahwa dunia menjadi lebih baik karena kita hidup di dalamnya. Renungkan kata-kata yang ditulis oleh Richard Bach: “Inilah cara untuk mengetahui apakah misi anda di dunia sudah selesai: jika anda masih hidup, berarti misi belum selesai”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar