Jumat, 20 Juni 2014

11 ilmu pemasaran yang patut di coba

Banyak pengusaha yang sangat kreatif dalam memproduksi sebuah produk, namun kesulitan dalam memasarkan produknya. Hari ini bisniskecil.com akan berbagi sebelas cara yang dapat anda coba untuk memasarkan produk anda, yaitu:
Ilmu pemasaran bisnis
• Produk yang luar biasa
Sesuatu yang berbeda dengan yang lain akan selalu menarik minat masyarakat. Dan proses pemasaran selalu dimulai dengan memiliki produk dan layanan yang lebih baik dari yang sudah ada. Produk atau layanan yang spesial akan membuatnya layak untuk dibicarakan oleh pelanggan anda.
• Jagalah kualitas produk atau layanan yang anda miliki
Cara yang paling ampuh dalam membangun sebuah brand yang baik adalah menjaga kualitas dari brand itu sendiri. Jika anda menjanjikan sebuah produk atau layanan yang berkualitas melalui sebuah brand, jagalah kualitas tersebut. Dengan demikian, brand yang anda promosikan akan selalu dikenal sebagai brand yang baik dalam menjaga kualitasnya, dan pelanggan anda akan menjadi pelanggan setia anda.
• Pelanggan terbaik anda
Pelanggan setia anda jauh lebih bernilai dibandingkan dengan pelanggan anda yang lainnya. Tentu anda harus menghargai semua pelanggan anda, namun memberikan prioritas untuk pelanggan anda yang paling loyal adalah hal yang baik. Salah satu cara untuk mengetahui siapa pelanggan terbaik anda adalah dengan cara mulai mengenal mereka lebih jauh lagi.
• Komunikasi yang baik
Suka atau tidak, anda harus berkomunikasi dengan calon pelanggan anda. Strategi pemasaran yang baik membutuhkan adanya jalinan komunikasi diantara kedua belah pihak.
• Jangan menganggap pemasaran sebagai sebuah beban
Seorang pengusaha yang baik harus memandang proses pemasaran sebagai sebuah investasi jangka panjang dalam menjalankan bisnisnya.
• Pelanggan tidak membeli apa yang mereka butuhkan
Ini merupakan sebuah rahasia umum bahwa terdapat banyak orang yang konsumtif. Mereka tidak hanya membeli apa yang mereka butuhkan, tapi juga membeli apa yang mereka inginkan. Amatilah apa yang kira-kita pelanggan anda inginkan, dan lakukan sesuatu dengan hal tersebut.
• Lakukanlah inovasi dalam melakukan pemasaran
Anda dapat menggunakan beberapa media untuk mempromosikan produk anda. Jangan hanya terpaku pada cara lama untuk melakukannya.
• Jalankan pemasaran dengan cara yang terbaik
Sejauh ini, pemasaran yang paling efektif adalah dengan bercerita. Ceritakanlah berbagai hal yang dapat menggambarkan produk atau layanan yang anda tawarkan dengan baik. Pastikan mereka mengerti dengan pesan yang anda sampaikan.
• Pelanggan adalah raja
Jauhkan semua hal yang dapat mengganggu anda dalam melakukan pemasaran yang tepat.
• Ingatkan pelanggan anda
Ceritakan sebuah kisah yang mereka kenal dan percayai. Hal tersebut merupakan sebuah jalan pintas yang dapat memberikan dampak yang kuat dalam strategi pemasaran anda.
• Kekecewaan pelanggan
Hindari pengambilan keputusan yang dapat membuat pelanggan anda kecewa. Salah satu cara untuk menghindari adanya kekecewaan pada pelanggan anda adalah dengan mencari tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan.
Dapat disimpulkan bahwa strategi dalam pemasaran telah berubah secara signifikan selama dekade terakhir. Pemasaran bukan lagi mengenai masalah harga, namun berkaitan dengan relevansi, perbedaan, serta nilai.
Jadi apa kesimpulannya? Kesimpulannya adalah tidak pernah ada kesimpulan. Hanya ada langkah berikutnya. Dan langkah berikutnya benar-benar berada di tangan anda. Tapi percayalah pada efektivitas dari pemasaran melalui mulut ke mulut. Dan manfaatkanlah hal tersebut dengan baik.
Semua keputusan berada di tangan anda, anda dapat memilih untuk terus meningkatkan strategi pemasaran anda atau tidak. Ada banyak ilmu pemasaran yang tersebar luas disekitar anda. Anda juga dapat mempelajarinya dari para pesaing anda. Namun kuncinya tetap ada pada diri anda sendiri.
Yang akan anda dapatkan adalah apa yang anda lakukan. Dan perjuangan yang anda lakukan akan menjadi lebih baik dari hari ke hari selama anda selalu belajar dan menerapkan hal-hal baru.
Ketika anda menghadapi sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan yang anda harapkan, maka hal terpenting yang harus anda lakukan adalah merencanakan semua hal yang akan anda lakukan selanjutnya.
Coba. Pelajari. Tingkatkan. Ulangi.
Lalu apakah anda telah mengerahkan segenap energi anda untuk meningkatkan pemasaran anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar