Jumat, 20 Juni 2014

Cara untuk tetap fokus saat anda merasa bosan dalam menggapai tujuan anda

Semua orang pasti memiliki tujuannya masing-masing, namun terkadang sangat sulit untuk tetap fokus dalam meraihnya.
Banyak orang yang mengakui bahwa mereka selalu memulai perjuangannya dengan niat yang baik, namun mereka sulit menjaga konsistensinya dalam melakukannya untuk jangka waktu yang panjang.
Sebagai contoh, banyak orang yang melakukan berbagai hal untuk mencapai tujuannya, namun mereka menghentikannya sebelum mereka meraih apa yang mereka tuju, kemudian mereka mulai fokus untuk meraih tujuan yang lainnya lagi. Hal semacam itu terjadi berulang kali, dan tidak ada satu tujuan pun yang berhasil diraih. Dan jangan khawatir, karena banyak dari kita yang mengalami hal serupa.
Cara mengatasi bosan
Mitos tentang Gairah dan Motivasi
Pernah ada seseorang yang bertanya pada seorang pelatih atlet-atlet hebat. Orang tersebut menanyakan pada pelatih tersebut tentang perbedaan yang dimiliki oleh atlet-atlet yang sukses dan yang tidak. Kemudian pelatih tersebut dengan gamblang mengatakan beberapa hal yang cukup umum di telinga kita, yaitu: Genetika, Keberuntungan, dan Bakat.
Tapi kemudian dia mengatakan sesuatu yang tidak diduga-duga, “Pada titik tertentu, hal tersebut kuncinya terletak pada kemampuan mereka untuk menangani rasa bosan yang datang saat mereka melakukan latihan setiap hari.”
Kesimpulannya, kita akan mampu untuk tetap fokus terhadap apa yang kita lakukan jika kita mampu mengatasi rasa bosan yang timbul. Mengapa demikian? Karena rasa bosan itu pasti pernah dirasakan oleh setiap orang, begitu juga dengan orang-orang yang sukses. Perbedaan yang terjadi adalah orang sukses tidak akan terpengaruh oleh emosi mereka, jadi emosi tersebut tidak akan mempengaruhi tindakan yang mereka lakukan.

Bekerja Ketika Pekerjaanitu Bukanlah Hal yang Mudah
Siapapun orangnya pasti dapat bekerja keras ketika mereka merasa termotivasi.Misalkan saja anda seorang atlet, anda akan termotivasi untuk selalu berlatih saat anda baru saja memenangkan sebuah pertandingan, atau jika anda seorang pengusaha, anda akan termotivasi untuk selalu meningkatkan bisnis jika jika bisnis anda sedang berjalan lancar.
Tapi apa yang terjadi ketika anda merasa bosan? Bagaimana seandainya pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah? Apa yang akan anda rasakan jika tidak ada seorang pun yang memperhatikan apa yang anda lakukan? Atau bagaimana jika anda tidak berhasil mendapatkan apa yang anda inginkan?
Apakah anda mampu untuk bertahan setidaknya selama 10 tahun?
Dalam hal ini anda harus mampu mengerjakan sesuatu yang tidak mudah sekalipun, hal itulah yang akhirnya akan membuat perbedaan besar pada proses anda dalam meraih tujuan yang anda tetapkan.

Hal ini Bukanlah Peristiwa, Namun Sebuah Proses
Kebanyakan orang memandang sebuah tujuan sebagai sebuah peristiwa yang harus mereka kejar. Padahal, hal tersebut merupakan sebuah proses.
Berikut ini terdapat beberapa contoh untuk menggambarkan anggapan tersebut:
  • Banyak orang yang menganggap bahwa kesehatan adalah sebuah peristiwa: “Jika saya mampu mengurangi berat badan sebanyak 20 kilogram, maka saya berada dalam kondisi sehat.”
  • Banyak orang yang menganggap bahwa kewirausahaan adalah sebuah peristiwa: “Jika kita mampu dimuat di majalah, maka bisnis kita akan lancar.”
  • Banyak orang yang menganggap bahwa kesenian adalah sebuah peristiwa: “Jika aku bisa memasukkan karyaku di galeri yang lebih besar, maka saya akan memiliki kredibilitas yang saya butuhkan.”
Hal tersebut hanyalah beberapa contoh untuk menggambarkan bahwa terdapat banyak orang yang menilai sebuah tujuan atau kesuksesan hanyalah sebuah peristiwa belaka.
Tetapi jika anda memperhatikan orang-orang sukses yang secara konsisten mencapai tujuan mereka, anda akan mulai menyadari bahwa tujuan bukanlah sebuah peristiwa atau hasil yang membuat mereka berbeda. Namun hal itu merupakan sebuah proses yang mereka jalani untuk dapat menuju ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Yang menyenangkan adalah, anda tetap dapat menikmati hasil yang anda peroleh dalam menjalani proses tersebut.
Jika anda ingin menjadi seorang penulis besar, yang kemudian bukunya sangat laris di pasaran, kunci untuk dapat menuju kesana adalah anda harus mencintai setiap proses penulisan yang harus anda lalui.
Jika anda ingin dunia tahu tentang bisnisanda, maka akan sangat baik jika bisnis anda dapat dimuat di majalah terkenal. Kunci untuk dapat menuju kesana adalah anda harus mencintai setiap proses pemasaran yang harus anda lakukan.
Dengan kata lain, jatuh cintalah dengan kebosanan. Jatuh cintalah dengan pengulangan dan praktik. Jatuh cintalah dengan setiap proses yang harus anda lewati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar