Jumat, 20 Juni 2014

Cara meningkatkan penjualan dengan lebih banyak mendengrkan dari pada berbicara

Mungkin beberapa dari anda pernah menjumpai seseorang yang tidak pernah berhenti berbicara tentang dirinya sendiri, tidak peduli apapun topik yang sedang dibicarakan. Jika anda memiliki atau sedang menjalankan sebuah bisnis kecil, maka jangan sampai anda menjadi orang semacam itu.
Cara meningkatkan penjualan
Sayangnya, kebanyakan orang sangat suka membicarakan dirinya sendiri.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli saraf Harvard, Diana Tamir dan Jason Mitchell, sekitar 40% dari apa yang dibicarakan oleh manusia merupakan pembicaraan tentang apa yang mereka rasakan atau pikirkan. Orang yang suka membicarakan tentang dirinya sendiri akan mendapatkan perasaan senang pada tingkat sel-sel otaknya. Membual dapat memberikan kita sensasi kenikmatan yang sama dengan yang diberikan oleh makanan dan uang. Oleh karenanya, banyak orang yang lebih rela melupakan uang demi dapat berbicara banyak tentang diri mereka sendiri. Sayangnya, hal itulah yang akan terjadi jika anda memiliki tanggung jawab untuk menjual produk atau jasa dimana anda menjadikan diri anda sebagai pusat pembicaraan di setiap komunikasi yang anda bangun dengan orang lain.

Manfaat mendengarkan.

Anda mungkin sering menemukan sebuah kondisi dimana pihak penjual sangat mendominasi percakapan antara dirinya dan para pembeli, sebut saja seperti di pasar malam dimana penjual akan sangat aktif dalam menawarkan barang yang dijualnya. Namun, tahukah anda bahwa mereka pun juga tahu kapan saat yang tepat untuk berhenti bicara untuk kemudian mendengarkan tanggapan atau pertanyaan dari para calon pembelinya. Percayalah, ketika anda berhenti bicara dan mulai mendengarkan, calon pembeli anda akan mulai mengungkapkan hal-hal yang berkaitan dengan diri mereka sendiri, kebutuhan mereka, pilihan mereka, warna favorit mereka, dan lain-lain. Dengan mendengarkan, anda akan lebih mengenal calon pembeli anda dan anda akan tahu tentang apa yang akan anda lakukan.
Tips untuk membuat orang lain menceritakan tentang diri mereka sendiri
Yang perlu anda lakukan adalah menjadi seorang “pemecah es” dan anda akan dapat berinteraksi dengan siapapun di situasi apapun. Pahamilah hal-hal berikut ini jika anda berniat melakukannya:


  1. Pilihlah topik pembicaraan yang tepat: Sebuah cara yang alami untuk memulai percakapan adalah mengetahui tentang topik yang akan anda bicarakan untuk memulai percakapan anda. Memulai pembicaraan dengan topik yang tidak tepat justru akan membuat anda terlihat aneh di depan orang lain.
  2. Anak-anak dan hewan peliharaan: Tidak ada yang salah jika orang yang anda ajak bercakap-cakap mulai membicarakan tentang anak-anak dan hewan peliharaannya. Anda tidak bisa menghentikan mereka. Jika mereka mulai membicarakan tentang hal tersebut, anda harus menyediakan waktu yang lebih lama untuk masuk ke dalam pembicaraan mengenai bisnis anda.
  3. Bagaimana cara anda membantu mereka: Anda akan dapat sukses menjual produk yang anda tawarkan jika anda dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan dengan cara mendengarkan mereka. Letakkan mereka di posisi yang membuat mereka terlihat lebih cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar