Jumat, 20 Juni 2014

Kekuatan dari sebuah kata

Bukan rahasia lagi bahwa kata-kata memiliki kekuatan. Sebuah kata dapat mempengaruhi banyak hal. Sebuah perang antar suku atau negara pun dapat terjadi akibat sebuah kata yang terucap. Sama halnya dalam bisnis, anda harus pandai memilih kata-kata yang tepat untuk berkomunikasi dengan para calon pelanggan anda, rekan bisnis anda, bahkan pada diri anda sendiri. Sebuah kata dengan makna negatif akan mampu memporak-porandakan semua hal yang telah anda bangun. Termasuk keyakinan dan kepercayaan anda terhadap sesuatu. Kata-kata yang kita gunakan, bahkan yang hanya terngiang dalam benak kita dapat mengatakan banyak hal, termasuk tentang sikap kita. Dan sikap adalah segalanya, terutama dalam dunia bisnis. Untuk itu, berpikirlah sebelum berucap. Berikut ini terdapat 5 kata yang sering muncul saat anda menjalankan bisnis, waspadailah kata-kata tersebut:
Kekuatan sebuah kata
  • Seharusnya, Tidak Seharusnya. Orang-orang selalu mendikte kita tentang apa yang seharusnya kita lakukan dan apa yang seharusnya tidak kita lakukan. Kita pun juga sering memperlakukan diri kita seperti itu. Kenyataannya adalah, tidak ada yang harus atau tidak harus dilakukan. Yang penting adalah apa hal yang tepat untuk dilakukan dan apakah anda mau melakukannya. Ketika anda berkata bahwa anda harus atau tidak harus melakukan sesuatu, berarti anda sedang membuat pertimbangan mengenai hal tersebut, namun pilihan atau keputusan yang anda ambil mungkin bukanlah keputusan yang tepat. Maka, pertimbangkanlah setiap keputusan yang anda ambil dengan matang.
  • Harus. Mari kita luruskan hal ini sekarang. Dalam hidup, terdapat beberapa hal yang HARUS anda lakukan, dan bernafas adalah salah satunya. Apa pun yang anda lakukan karena sebuah keHARUSan, hal itu tidaklah lebih dari sebuah pilihan yang anda ambil karena adanya dampak yang akan terjadi jika anda tidak melakukannya.
  • Bisa, Tidak bisa. Pertanyaan yang harus diajukan bukanlah apakah anda bisa atau tidak, namun apakah anda mau melakukannya. Kata “bisa” sebenarnya mengandung konotasi yang negatif. Pikirkanlah tentang hal ini. Daripada mengatakan “saya BISA mendapatkan banyak pelanggan”, akan lebih baik berkata “saya AKAN mendapatkan banyak pelanggan. Beberapa dari anda mungkin akan berpikir bahwa hal tersebut bukanlah hal yang serius, namun sebenarnya hal ini sangat berkaitan dengan mental yang anda miliki dalam melakukan sesuatu. Berkata “bisa” dapat mengandung sebuah arti dimana tujuan yang ingin anda capai adalah hal yang dapat diraih, namun belum tentu anda mau melakukan sesuatu untuk meraihnya. Namun, jika anda berkata “akan,” hal tersebut artinya anda akan melakukan sesuatu untuk meraihnya walaupun hal itu sulit untuk dilakukan.
  • Tidak bisa. Ketika anda mengatakan “tidak bisa”, itu artinya bukan tidak ada cara atau anda tidak mampu, namun anda tidak bisa dan tidak mau. Sebenarnya, anda BISA melakukan apapun yang anda inginkan, dan anda AKAN melakukan apapun yang ingin anda lakukan.
  • Mustahil. Bayangkan apa yang akan terjadi jika semua orang di dunia ini berkata “mustahil” ketika mereka mencoba hal-hal yang baru. Jika itu terjadi, mungkin saat ini kita tidak akan mengenal listrik, pesawat, lampu, telepon, dan hal-hal lainnya. Memiliki kepercayaan untuk melakukan sesuatu yang baru, bahkan sesuatu yang dianggap gila sekalipun merupakan sebuah modal utama untuk melakukan berbagai hal. Tentu saja akan ada banyak hambatan atau bahkan kegagalan saat anda melakukannya sebelum akhirnya anda menemukan kesuksesan.

Dalam melakukan hal apapun, termasuk dalam menjalankan bisnis, anda harus lebih berhati-hati dalam mengucapkan sesuatu, terutama untuk 5 kata diatas, karena kata-kata tersebut dapat menjadi sebuah “mantra” yang dapat mengendalikan apa yang anda pikirkan dan percayai. Pikiran dan kepercayaan tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap apa yang sedang anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar