Jumat, 20 Juni 2014

Hadapi kegagalan layaknya seorang ilmuwan

Ketika seorang ilmuwan melakukan sebuah penelitian, hasil yang diperoleh akan bermacam-macam, bisa saja positif dan bisa pula negatif. Hasil penelitian tersebut dianggap sebagai titik awal yang pada akhirnya menghasilkan sebuah jawaban.
Seperti itulah gambaran tentang cara ilmuwan dalam menghadapi kegagalan, yaitu menganggapnya sebagai permulaan. Hal ini jauh berbeda dengan cara masyarakat dalam menghadapi kegagalan. Bagi kebanyakan orang, kegagalan dianggap sebagai sebuah indikasi tentang nilai dari pribadi kita.
Kebanyakan orang berpikir akan berpikir dengan cara seperti ini: gagal dalam sebuah tes berarti tidak cukup pintar, tidak cocok di suatu komunitas berarti tidak diinginkan, gagal dalam berbisnis berarti tidak memiliki bakat dalam bisnis, gagal dalam bidang seni berarti tidak kreatif, serta anggapan-anggapan lainnya.
Berbeda halnya dengan para ilmuwan, mereka berpendapat bahwa kegagalan bukanlah sebuah indikasi bahwa mereka adalah ilmuwan yang buruk. Justru sebaliknya, kegagalan dalam membuktikan kebenaran suatu hipotesis akan sama bergunanya seperti saat ilmuwan tersebut berhasil membuktikannya, karena ada proses pembelajaran disana.
Kegagalan seharusnya dipandang sebagai sebuah titik awal yang dapat membantu anda dalam menemukan jawaban yang benar.

Kegagalan adalah Biaya Anda Bayar untuk Meraih Keberhasilan
Hal ini tidak berarti bahwa anda harus membuat kesalahan atau mencari kegagalan. Justru sebaliknya, anda harus berusaha untuk menjalankan semua hal dengan cara yang benar. Gagal dalam suatu hal yang penting bagi anda tentu saja tidak akan pernah menyenangkan. Tapi kegagalan akan selalu menjadi bagian dari pengembangan diri anda untuk sebuah alasan yang sederhana.
Jika Anda fokus dalam membangun sebuah kebiasaan baru atau mempelajari keterampilan yang baru atau menguasai berbagai jenis kerajinan tangan, maka pada dasarnya anda sedang bereksperimen dalam suatu hal atau lain hal. Ketika anda menjalankan beberapa eksperimen, kadangkala anda akan menemui kegagalan.
Hal ini terjadi pada setiap ilmuwan dan hal itu juga akan terjadi pada anda dan saya juga. Seperti yang diucapkan oleh Seth Godin bahwa: Kegagalan adalah biaya yang harus kita bayar dalam proses mencapai kesuksesan.
Maka hadapilah kegagalan layaknya seorang ilmuwan. Kegagalan anda bukanlah diri anda. Begitu pula, keberhasilan anda bukanlah diri anda. Kegagalan dan keberhasilan hanyalah sebuah titik awal yang nantinya akan memandu anda dalam melakukan penelitian berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar